Total Tayangan Halaman

Rabu, 07 Juni 2017

TANTANGAN HARI KE-3, KOMUNIKASI PRODUKTIF BUNDA SAYANG

 Moment indah ngabuburit dan buka puasa bersama ayah Hanif dan Hanif <3


Ramadhan sudah memasuki 10 hari kedua, dan tak terasa ya Rabb akan mendekati hari Lebaran. Bulan Ramadhan kali ini cukup istimewa bagi saya. Kenapa? Karena secara khusus kami sudah merantau di Depok dan menetap disini memulai membangun peradaban dari rumah.

PR dari IIP hari ketiga ini dibuat memang seperti bercerita, karena jujur menulis setiap hari butuh loncatan-loncatan gaya variasi menulis agar tidak jenuh.

Hampir di bulan Ramadhan, ayah Hanif sengaja membawa kendaraan pribadi agar bisa pulang lebih awal. Dan hampir pula setiap harinya, kami berkeliling mencari makanan ta'jil buka puasa. Moment ngabuburit dan buka puasa bersama saat ini selalu dimanfaatkan untuk melatih komunikasi produktif sebagai tugas IIP.



>> Komunikasi produktif untuk anak <<

Ditantangan hari ketiga ini, setelah hari sebelumnya hanya ada 4 poin yang baru terlaksana. Saat ini akan menambah lagi poin berikutnya yaitu :
1. Mengendalikan emosi
2. KISS
3. Intonasi dan suara yang ramah
4. Mengatakan yang diinginkan
5. BISA
6. Jelas memberikan pujian/kritikan
7. Menunjukan empati
8. Memberikan pilihan
Kedelapan poin tersebut dimainkan dalam satu moment buka puasa bersama di meja makan. 

"Hanif, sudah mau buka puasa loh. Hanif mau duduk di kursi? Lalu Hanif menarik kursinya. "Ibu bantu yah nak". Setelah duduk di kursi, Ibu mencoba melatih benda kepemilikan Hanif, "Gelas Hanif yang mana?". "Mau minum yang ini atau yang itu?". "Ini ini". "Pinter sekali Hanif". Hingga akhirnya Hanif bisa menunjukan rasa empati, terhadap air yang ia tumpahkan pasti ia langsung ambil lap di dapur dan membersihkannnya sendiri. Ibu terharu nak.

Love you more and more yaa bunnayya Hanif A. Dzulqarnain
Maafkan ibu yang masih belum sempurna tapi in syaa Allah doa ibu selalu yang terbaik untuk Hanif.

Karlina Ekasari
Ibunya Hanif yang masih terus kekurangan ilmu mengasuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar