Total Tayangan Halaman

Kamis, 23 Februari 2017

NHW #5 KURIKULUM BELAJAR GUE BANGET

Bismillahirrohmanirrohim...

Masih menyempatkan mengerjakan tugas NHW ditengah suami yang lagi sakit dan Hanif lagi duper tantrum, hiks. 

Membuat design belajar dan kurikulum yang 'gue banget' itu lumayan membingungkan. Sama seperti pertanyaan "apa kelebihan dan kekurangan kamu?". Nah, jawabannya susah kan. Mungkin lebih mudah kalau menilai kelebihan dan kekurangan orang lain hihihi.

Kurikulum sendiri artinya rencana belajar, ambil dari wikipedia. Memang lebih enak jika penjabaran kurikulum dalam sebuah tabel agar mudah dimengerti maksud dan tujuannya. Sebelum membuat tabel, alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu tahu tentang tiga hal yaitu :
1. Metode belajar
2. Strategi belajar
3. Evaluasi

KURIKULUM ALA IBU HANIF

1. METODE BELAJAR
Cerita sedikit tentang masa lalu. Terlahir di keluarga pendidik, yang mana sama seperti anak kebanyakan lainnya, cenderung diajarkan pasif, tidak diberi ruang untuk eksplorasi mata pelajaran, terpaku hanya satu ajaran yaitu guru ke murid. Maka dari itu, metode belajar ingin sekali saya ubah menjadi lebih aktif, dan dinamis. Metode belajar yang kritis, terbuka untuk mengeksplorasi pelajaran dan yang pasti harus menyenangkan. Serta ilmu yang saya akan tuntut, ilmu yang sesuai dengan saya.

2. STRATEGI BELAJAR
Kali ini, saya akan membuat sebuah tabel sebagai landasan strategi belajar saya nantinya. Dan agar lebih mudah dalam memahami dan tahu langkah apa yang harus diambil.























































Yang terpenting dari strategi belajar yaitu DISIPLIN, KOMITMEN DAN KONSISTEN.

3. EVALUASI
Bagian yang teramat penting karena tanpa evaluasi maka sebagus apapun strategi yang dibuat akan menjadi tidak terukur dan terarah.

Semoga Allah mudahkan jalan kita dalam menuntut ilmu.

Rasululloh Bersabda :

“Barangsiapa yang menapaki suatu jalan dalam rangka mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke Surga. [ H.R. Ibnu Majah & Abu Dawud ]

( Maafkan untuk kali ini agak sedikit berantakan, maklum deadline. In syaa Allah, jika ada kesempatan bisa diperbaiki lagi )

KARLINA EKASARI
Ibu Pembelajar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar