Total Tayangan Halaman

Minggu, 08 September 2013

Berbuatlah lebih banyak

Bismillahirrohmanirrohim..

Assalamualaykum warrohmatullohi wabarakatuh..

Pada Sabtu, tanggal 07 September yg lalu. Seorang guru ngaji mengetuk rumahku, "teteh, bisa mengajar sesuatu utk anak-anak?" tanya beliau.
Aku terkejut, masya Alloh betapa bahagianya diri ini. Ladang pahala diantarkan langsung kerumahku. Ladang pahala telah mengetuk pintu rumahku. Tanpa banyak tanya, aku langsung mengiyakan dengan jawaban "Iya, in sya Alloh saya bisa". Akupun langsung berpikir, iya aku akan mengajar bahasa arab.

Mengapa yg dipilih bahasa arab? Padahal dulu disekolah tidak pernah diajari bahasa arab sedikitpun. Namun pilihan kenapa harus bahasa arab, aku punya alasan sendiri.
1. Bahasa arab merupakan bahasa Islam. Ya, karena wahyu-wahyu Alloh turun dengan perlahan-lahan menggunakan bahasa arab. Bahasa yg dipakai keseharian oleh Rasulullah.
2. Bahasa arab merupakan bahasa syurga. Tidak akan didengarkan bahasa lain di syurga selain bahasa arab.

Begitu banyak kemuliaan bila kita mempelajari bahasa arab. Bahkan sahabat Umar Radiallohuanhu pernah berkata "Belajarlah kalian bahasa arab, karena itu bagian dari agama kalian"

Hari itu aku mengajari mereka tentang kata-kata benda dan percakapan sederhana. Hanya 10 benda yang aku ajarkan. Benda-benda yg diberitahuan jg benda-benda yg biasa mereka lihat kesehariannya.

Konsep belajarnya pun disederhanakan, menjadi berbentuk mentoring. Karena pengajaran yg sudah banyak dilakukan cenderung hanya satu arah saja. Mengemasnya menjadi dua arah, saling berinteraksi satu sama lain.

Sesuai dengan judul diatas, berbuatlah lebih banyak. Itulah hal yang ingin aku lakukan. Bukankah baginda Rasulullah pernah bersabda dari Jabir Radiyallhu anhu, "bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yg paling bermanfaat utk org lain".
Hal itulah yang membuat aku ingin melakukan ini. Baginda Rasululah pun memuliakan dengan kata-kata "sebaik-baiknya manusia", masya Alloh manusia mana yang tidak ingin dipredikat dengan label "sebaik-baiknya manusia".

Maka oleh itu, berbuatlah lebih banyak. Jangkaulah dakwah didalam jangkauanmu, didalam genggamanmu. Berbuatlah lebih banyak utk memuliakan agama ini. Berbuatlah lebih banyak utk menyelamatkan umat ini.

Jadilah sebaik-baiknya manusia ♡
Barakallah...

Wassalamualaykum warrohmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar